PDPM Gelar FGD Pemilu Pertama

288

Kediri today, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) kabupaten Kediri Jawa Timur melalui bidang Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga mengadakan kegiatan Fokus Grup Discussion (FGD). FGD yang diikuti oleh puluhan warga Muhammadiyah kabupten Kediri tersebut  bertempat di aula Gedung Dakwah Muhammadiyah kecamatan Gurah kabupaten Kediri. (21/3)

Kegiatan tersebut bertujuan membantu masyarakat, khusunya warga Muhammadiyah untuk  memahami tentang pemilu serta alasan diadakannya pemilu di Indonesia. Agus Hariono ketua panitia dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pada acara FGD PDPM akan mendatangkan beberapa pemateri, “Pelaksanaan ini kita upayakan untuk bisa dilaksanakan meskipun tanpa bantuan dari manapun, kita laksanakan secara mandiri. Namun mendatangkan pemateri dari orang-orang yang berkompeten dibidangnya, kalau itu kaitan dengan penyelenggara pemilu yang spesifik dalam ke KPU-an maka KPU yang kita hadirkan. Kemudian kalau nanti membahas tentang kepengawasan dan penindakan hukum dan seterusnya maka kita akan mengambil pemateri dari Bawaslu”, paparnya.

Pada FGD pertama kali tersebut akan membahas tentang desain kelembagaan pemilu dengan pemateri Mohammad Syamsuri dari divisi hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Kediri. Mohammad Syamsuri mengatakan bahwa dengan diadakannya kegiatan tersebut KPU sangat merasa terbantu dan berharap agar organisasi lain meniru ide PDPM kabuapten Kediri tersebut, “ Ini sangat kami Syukuri, KPU merasa terbantu. Kalau seluruh elemen masyarakat , organisasi masyarakat seperti ini insyallah demokrasi di Indonesia sangat pesat berkembang”, jelasnya.

Untuk selanjutnya, PDPM kabupaten Kediri akan menyelenggarakan FGD serupa dengan tema yang berbeda. Sedangkan untuk peserta yang hadir pada FGD tersebut akan menerima sertifikat.  (edp)