KPU dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri Tandatangani MoU

110
Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi saat memberikan Mou kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kabupten Kediri Moch. Rohmadi di hotel Front One Inn. (24/2/2020)

Kediri today, Sejak akhir tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri telah memulai beberapa tahapan persiapan Pemilihan Bupati dan Wakil bupati 2020 yang akan diselenggarakan pada(23/9/2020). Salah satu tahapan yang dilakukan ialah menandatangani Memorandum of Understanding (Mou) dengan beberapa pihak. Siang ini, bertempat di hotel Front One Inn Katang Kabupaten Kediri, KPU Kabupaten Kediri menandatangi Mou dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri. (24/2/2020)

Agus Hariono Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kediri, KPU Kabupaten Kediri sebagai penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil bupati 2020 meminta pendampingan dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri.

Agus Hariono Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kediri

“ kami  sebagai KPU Kabupaten Kediri, sebagai penyelenggara pemilihan Bupati dan wakil bupati, terkait dengan seluruh tahapan, tentu disitu akan sangat memungkinkan terjadi sengketa di perdata maupun di tata usaha, sehingga di sini kejaksaan negeri Kediri mempunyai wewenang untuk mendampingi selama tahapan KPU Kabupaten Kediri”,  ujarnya.

Agus Hariono menambahkan bahwa KPU Kabupaten Kediri meminta pendampingan dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri untuk menampangi mulai tahap awal pemilihan hingga tahap akhir pemilihan Bupati dan Wakil bupati 2020, hal ini diharapkan dapat mempermudah kinerja KPU.

“sebagaimana yang kita ketahui, mulai tahapan pencalonan baik yang perseorangan, kemudian partai politik bahkan sampai nanti penetapan siapa yang lolos menjadi bakal pasangan calon, atau calon kemudian, siapa nanti yang menang, itu tidak terlepas dari unsur-unsur administrasi”, paparnya.

Sementara itu, Moch. Rohmadi Kepala Kejaksaan Negeri KPU Kabupaten Kediri hanya akan mendampingi KPU Kabupaten Kediri dalam hal perdata dan tata usaha negara, misalnya jika ada gugatan-gugatan.

“tahapan-tahapan di KPU otomatis akan banyak masalah perdata, juga masalah tata usaha negara, seperti gugatan-gugatan dan lain sebagainya. Nah, untuk itulah Kejaksaan akan mendampingi KPU untuk masalah- masalah tersebut, hanya terbatas di perdata dan tata usaha negara aja”, ujanya.

Moch Rohmadi juga menghimbau kepada para kontestan untuk menjaga kondusifitas dan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Kediri. Sedangkan untuk masyarakat, Moch, Rohmad menghimbau agar pemilu ini tidak menyebabkan perpecahan, dan siapaun bupatinya nanti diharapkan semua masyarakat dapat saling mendukung untuk Kabupaten Kediri yang lebih baik. (edp)