Evaluasi Pemilu 2019, Siapkan Pilbup 2020

227

Kediritoday, Sebelah menyelesaikan rangkaia Kediri Jawa Timur menggelar Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Serentah Tahun 2019. Acara yang berlangsung hingga pagi hingga siang itu bertempat di hotel Lotus kota Kediri. (24/7/2019)

Pada evaluasi tersebut, KPU kabupaten Kediri mengadakan diskusi bersama  para tamu undangan yang terdiri dari perwakilan media, Bawaslu, berwakilan partai politik (parpol).  Sedangkan yang menjadi pemateri ialah komisioner KPU Kabupaten Kediri Nanag Khosim, Bawaslu kabupaten Kediri Sukari, dan perwakilan media.

Ninik Sumarni Ketua KPU kabupaten Kediri berharap agar pada evaluasi ini bisa mendapatkan beberapa rekomendasi, khusunya dalam hal kampanye. Hal ini bertujuan agar pemilu kedepan dapat berjalan lebih baik.

“ dengan adanya evaluasi ini nanti kedepannya bisa, ini kan fokusnya ke kampanye nanti kedepannya agar menjadi lebih baik, ada rekomendasi-rekomendasi yang nanti bisa ditawarkan agar nanti pengadaaan pemilu kedepan bisa berjalan lebih baik, ” ujarnya.

Ninik juga menjelaskan bahwa pada pemilu yang lalu, masih terdapat pelanggaran, yaitu masih terpasanya Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang pada pada H-3 pemilihan

 “ kemarin kami juga melihat h-3 dari pemilu itu masih banyak APK-APK yang belum dibersihkan sama peserta pemilu sehingga nanti harapannya pada saat, kita kan akan mendekat pilkada, nanti harapnnya peserta pemilu juga lebih memperhatikan hal itu sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan lebih baik,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Nanang Khosim komisioner KPU kabupaten Kediri mengatakan,  bahwa beberapa rekomendasi pada evaluasi tersebut akan dikirmkan ke KPU Provinsi Jawa Timur, untuk selanjutnya di kirimkan ke KUP RI.

“ rekomendasi akan kami kirim ke KPU RI,  melalaui KPU Provinsi agar ditindak lanjuti, lalu kami bisa menerapkan karena kami tidak bisa mengambil kebijakan, yang bisa kami lakukan hanya melaksanakan kebijakan ,“ pungkasnya.

Setelah Pemilu serantak 2019 berakhir, KPU kabupaten Kediri msaih memiliki tugas besar di tahun 2020 yaitu Pemilihan Bupati (Pilbup) periode 2020-2025. Maka dari itu, Nanag berpesan agar semua parpol atau peserta pilbup 2020 agar dapat bekerjasama dengan baik.

“ Pada pilbup 2020 nanti kita memakai prinsip sepak bola, bahwa sebelum pertandingan dimulai semua adalah teman, semua adalah kawan, siapapun boleh bertemu, siapapun boleh bertanding tapi begitu peluit pertandingan itu, siapa yang menjadi kawan dan siapa yang menjadi lawan harus jelas, bertarung secara fair, kemudian sekuat tenaganya, tapi seketika peluit berakhir maka semuanya selesai, menjadi teman ,” paparnya.

 Dengan jargon “Sukseskan Pemilu Bersamaku” KPU kabupaten Kediri mempersiapkan diri untuk pilbup 2020. KPU kabupaten Kediri juga meminta kepada masyarakat untuk dapat berkerjsama agar Pelbup 2020 dapat berjalan dengan baik. (edp)